Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama                              : ...................................
Mata Pelajaran               : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester               : IX / I
Alokasi Waktu               :  4 x 40 menit
Pertemuan                      :

A.      Standar Kompetensi
        1.          Mendengarkan
Memahami makna   dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B.       Kompetensi Dasar
1.1.   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan.
C.       Indikator
1.1.1.      Mengidentifikasi informasi rinci dalam percakapan
1.1.2.      Mengidentifikasi karakteristik fisik seseorang
1.1.3.      Melengkapi dialog rumpang berdasarkan rekaman
D.      Tujuan Pembelajaran:
 Setelah mengikuti proses pembelajaran dan pengalaman empiris diharapkan siswa dapat:
-       Mengidentifikasi informasi rinci dalam percakapan
-       Mengidentifikasi karakteristik fisik seseorang
-       Melengkapi dialog rumpang berdasarkan rekaman
E.       Materi Pokok:
a.      Communication Practice (halaman 2, 4, 5, 16)
·        Sript dan rekaman dialog
·        Rekaman, gambar dan pilihan jawaban
·        Penjelasan kegiatan
·        Dialog rumpang dan rekaman
b.   Developing Skills (halaman 58 dan 25)
·     Rekaman percakapan dan pilihan jawaban
·     Gambar dan rekaman percakapan
c. Pronunciation (halaman 28)
·        Rekaman dan script kata-kata yang mengandung pelafalan bunyi [i:] dan [I]
a.      Communication Practice (halaman 30, 48, 60, 72, 73)
·        Script, rekaman dialog
·        Comic-strip dan rekaman
b.      Developing Oral Skills(halaman 57, 67)
·        Rekaman dialog, pilihan jawaban
·        Rekaman dan script pertanyaan Mr. Boardman
F.        Metode/model pembelajaran:
Model Pembelajaran        : TPS (Think, Pair and Share)
Metode Pembelajaran      : Diskusi, Ceramah, Tanya Jawab, Pemberian Tugas
G.      Langkah-langkah pembelajaran
Waktu
Kegiatan
Metode
Sumber pembelajaran
10’







10’
















5

35



















10’




10’














15’
15’

15’
15’




10’








10’










5

35
















10’




10’














15’
15’

15’
15’

Pertemuan Pertama
Kegiatan Pembuka
Diawali dengan salam
Motivasi
Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang diharapkan Guru memberikan motivasi.
If you are weak, the world will be hard to you. If you are hard to yourself, the world will be weak for you”.
Eksplorasi
1.      Siswa mengamati beberapa gambar yang ditunjukkan oleh guru.
2.      Siswa menyebutkan karakteristik tokoh dalam film holliwood.
3.      Karakter yang diharapkan:
Jadilah manusia yang memiliki pribadi kuat. Karena manusia yang memiliki pribadi kuat, iman kuat, islam yang kuat, maka dunia akan tunduk padanya. Dan jika manusia itu lemah dan lembek pada dirinya sendiri, maka dunia akan mempermainkannya. Maka, asahlah, latihlah, kuatkanlah hidupmu agar menjadi manusia yang sukses di dunia dan akhiratmu.
Guru menyampaikan rule of the game.
Kegiatan Inti
Elaborasi
·        Guru membagikan lembar kerja yang sudah dipersiapkan oleh guru.
·        Guru memberikan pengarahan kepada siswa.
·        Siswa mencocokkan karakteristik seseorang dalam gambar dengan penjelasan dalam rekaman.
·        Siswa menggambar wajah pelaku kejahatan sesuai penjelasan dalam rekaman
·        Teman sebangku saling mencocokkan gambar.
·        Siswa melakukan brain stormning.
·        Siswa berdiskusi dengan teman sebangku.
·        Siswa mendiskusikan lembar kerja yang sudah diselesaikan dengan teman yang lain secara bergantian.
·           Guru menunjuk salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil dari lembar kerja yang sudah didiskusikan dengan teman yang lain.

Konfirmasi
Guru membenarkan jika terjadi salah konsep / perlu penambahan materi. 
Guru menfasilitasi atau menstimulus siswa agar siswa dapat menemukan konsep baru.
Kegiatan penutup
 Penguatan
Guru menekankan kembali konsep tentang mendeskripsikan karakter.
Karakter yang ditanamkankan:
-          Tidak ada kata gagal bagi mereka yang berusaha dengan gigih dan bekerja keras dalam menjalani hidup. Kenalilah dirimu sendiri. Jadilah pribadi yang baik, yang kehadiranmu dirindukan banyak orang. Dan jangan menjadi pribadi yang merugikan orang lain.

Refleksi
Evaluasi

Kegiatan tindak lanjut
Guru memberikan pekerjaan rumah.



Pertemuan Kedua
Kegiatan Pembuka
Diawali dengan salam
Motivasi
Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang diharapkan Guru memberikan motivasi.
There’s no one who fails except lazy people.  So, don’t stop trying. If you fail today, there will be a success one day. Keep on trying, don’t give up.
Eksplorasi
1.        Siswa mengamati beberapa gambar yang ditunjukkan oleh guru.
2.        Siswa menyebutkan karakteristik tokoh dalam film Indonesia.
3.         Karakter yang diharapkan:
Berusahalah sekeras kemampuanmu. Karena tidak ada batasan waktu dalam mencapai cita-cita dan kesuksesanmu. Janganlah jadi pribadi yang pemalas. Orang malas tak kan sampai pada titik kesuksesan.
Guru menyampaikan rule of the game.
Kegiatan Inti
Elaborasi
·        Guru membagikan lembar kerja yang sudah dipersiapkan oleh guru.
·        Guru memberikan pengarahan kepada siswa.
·        Menggambar seseorang sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh siswa lain
·        Melengkapi dialog rumpang berdasarkan rekaman
·        Siswa berdiskusi dengan teman sebangku.
·        Siswa mendiskusikan lembar kerja yang sudah diselesaikan dengan teman yang lain secara bergantian.
·           Guru menunjuk salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil dari lembar kerja yang sudah didiskusikan dengan teman yang lain.
Konfirmasi
Guru membenarkan jika terjadi salah konsep / perlu penambahan materi. 
Guru menfasilitasi atau menstimulus siswa agar siswa dapat menemukan konsep baru.
Kegiatan penutup
 Penguatan
Guru menekankan kembali konsep tentang mendeskripsikan karakter.
Karakter yang ditanamkankan:
-          Tidak ada kata gagal bagi mereka yang berusaha dengan gigih dan bekerja keras dalam menjalani hidup. Malas tidak akan membawa pekerjaanmu dapat selesai, melainkan menjadikanmu akan terus terbelakang dari teman-temanmu lainnya. Belajar dan bekerja keraslah. Niscaya, impianmu akan tercapai dengan izin Allah.

Refleksi
Evaluasi

Kegiatan tindak lanjut
Guru memberikan pekerjaan rumah.

Ceramah

Ceramah





Individu





Ceramah






Ceramah


Individu









Diskusi









Klasikal




Klasikal















Individu
Individu

Individu
Klasikal





Ceramah

Ceramah







Individu





Ceramah


Ceramah


Individu







Diskusi








Klasikal





Klasikal










Individu
Individu

Individu
Klasikal
























Buku pegangan siswa  dan lembar kerja









Lembar evaluasi

Lembar RTL
Tugas terstruktur dan tidak terstruktur

H.    Sumber, media, bahan dan alat:
Untuk menunjang pembelajaran diperlukan hal-hal sebagai berikut:
                          1.      Uraian materi
                          2.      Tape script
                          3.      Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)
                          4.      Lembar Kerja
                          5.      Lembar Evaluasi (tugas terstruktur dan tidak terstruktur)
I.       Penilaian
Data kemajuan hasil belajar diperoleh dari:
- Bentuk: Portofolio
J.      Rencana Tindak Lanjut
-       Bagi siswa yang absolute (tuntas), dilanjutkan dengan mempelajari KD berikutnya.
-       Bagi siswa yang berada di ranah KKM, dilakukan kegiatan pemantapan.
-       Bagi siswa yang belum tuntas, melaksanakan kegiatan perbaikan
Keterangan:
Siswa absolut         : ……....anak
Di ranah KKM       :……….anak
Tidak tuntas           :……….anak
Catatan Guru: ...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................

Catatan Kepala Madrasah:
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................



                         Mengetahui,                                                             Sidoarjo, ..........................
                     Kepala Madrasah                                                          Guru Mata Pelajaran,



.................................................................                            .........................................................





  
Tugas Tidak Terstruktur


Pendahuluan     :    Tugas terstruktur ini dilakukan secara kelompok dan dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya.

1.        Setiap orang pasti memiliki tokoh idola dan tokoh yang tidak disukai. Tokoh idola dapat berasal dari kalangan artis, pahlawan negara, aktifis sosial, masyarakat sekitar, maupun keluarga. Begitu juga dengan tokoh yang tidak disukai. Dapat berasal dari kalangan apapun.
Deskripsikan karakteristik tokoh idola dan tokoh yang tidak disukai sesuai dengan ilustrasi no. 1.
Karanganmu setidaknya memuat tentang ciri-ciri fisik, sifat yang kalian ketahui, sedikit deskripsi tentang kehidupan tokoh yang akan dideskripsikan, serta alasan mengapa diidolakan dan tidak disukai.
2.        Tulislah pesan moral yang ada di dalam karanganmu.
3.        Tulis dalam kertas kertas folio bergaris.
4.        Tulisan setidaknya memuat 300 kata.
5.        Berikan kepada temanmu untuk dapat memberikan saran terhadap karanganmu.




Tugas  Terstruktur


1.        Setiap orang pasti memiliki orang tua. Ayah dan ibu. Tentunya mereka memiliki peran dan jasa yang besar terhadap kehidupannya. Begitu juga dengan kalian. Tulislah sebuah cerita tentang ibumu. 
2.        Tulis dalam kertas kertas folio bergaris.
3.        Tulisan setidaknya memuat 200-300 kata.
4.        Kamu dapat membuka kamus dan mencari kosakata baru.
5.        Perhatikan tata bahasanya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh PTK Bab 4

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bhs. Inggris kelas 1

Sidoarjo English Community (SidEC) Belajar Bahasa Inggris Gratis