Contoh Sinopsis Cerpen "Kamboja Layu"

 



Kerangka Cerpen “Kamboja Layu”

Oleh: Winda Listyani


1. Tema : Keluarga (Ibu dan Anak)

2. Watak :
     Tokoh utama

-   Bu Sulastri          : penyabar, bersahaja, penyayang, pekerja keras, tanggung jawab, amanah.

-   Anti                     : pendiam, sopan dan santun, patuh pada orang tua, rajin.

-   Bu Salma            : bijak, welas asih.

Tokoh pembantu

-   Dokter Vino        : kalem, tegas, berhati lembut

-  Suami Bu Salma : baik hati, suka menolong

-  Pak Wildan         : baik hati, penyayang

- Bu Kaysah           : baik hati, penyayang, lembut

3. Tahap – tahap penceritaan :

a. Perkenalan

-          Bu Sundari seorang janda berkekurangan yang bekerja keras memenuhi kebutuhan sehari-hari dan bercita-cita agar anaknya bisa sekolah tinggi kelak.

-          Tanti, putri dari Bu Sulastri, masih duduk di kelas 3 SMP. Ia selalu ingat nasehat dan didikan ibunya. Ia juga bekerja dengan ikut bantu-bantu di toko Bu Salma .

-          Bu Salma yang welas asih terhadap Bu Sundari dan Tanti. Kerelaannya meminjamkan uang toko untuk biaya Tanti sekolah dan keramahannya membuat beban Bu Sundari tak lagi berat dirasakannya.

b. Pertikaian

Bu Sundari sakit keras. Tanti berusaha membantu kesembuhan ibu dengan cara apapun. Perasaannya yang meledak-ledak membuat sang ibu tak bisa pergi dengan tenang.

c. Klimaks

Bu Sundari akhirnya meninggal dunia akibat dan meninggalkan pukulan hebat untuk Tanti. Karena hanya ibunya satu-satunya keluarga yang masih ia miliki. Tanti shock dan nampak kehilangan arah. Namun Bu Salma selalu berada disampingnya hingga Tanti mampu melewati masa-masa sulitnya.

d. Penyelesaian

Akhirnya, Tanti diangkat anak oleh saudara Bu Salma yang sudah 15 tahun menikah, belum juga dikarunia keturunan. Tantipun di boyong orang tua barunya dan sekolah di sana.

4. Amanat

Jangan menyerah akan kesulitan hidup apapun. Karena indah akan tiba pada waktunya. Jangan pernah berputus asa untuk menempuh pendidikan yang tinggi, serta berbaktilah kepada orang tua demi terbukanya masa depan yang cerah.

5. Sinopsis

Bu Sundari adalah seorang janda yang tinggal berdua saja dengan anaknya yang bernama Hastanti Jenar di kota Sidoarjo. Alm bapaknya dulunya yatim piatu yang tumbuh di salah satu panti asuhan di Kertosono dan tak ada sanak family. Sedang keluarga ibunya sudah ‘kepaten obor’ sejak neneknya meninggal dan tak tahu keberadaan keluarga mereka di Solo. Bu Sundari bekerja keras sehari-hari untuk mencukupi kebutuhan keluarga dan sekolah anaknya agar bisa menuntut ilmu sesuai harapannya. Didikan Bu Sundari membuat Tanti tumbuh jadi anak yang patuh dan penurut. Hingga tiba waktunya tuk pergi meninggalkan dunia ini karena penyakit gagal ginjal kronis stadium akhir. Dan membuat Tanti diangkat anak oleh saudara Bu Salma.

6. Setting

a. tempat     : rumah, rumah sakit.

b. suasana   : sedih, shock

c. waktu      : setiap pulang sekolah, siang hari, dan malam hari





Note:
Kamboja Layu merupakan karya cerita pendek pertama yang terbit tahun 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh PTK Bab 4

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bhs. Inggris kelas 1

Yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Cerpen (Untuk Pemula)