Contoh RPP K13 Kelas 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SatuanPendidikan :   .....................................
Kelas / Semester    :  2 / 1
Tema                         :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                 :  Hidup Rukun di Sekolah (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke     :  4
Alokasi waktu          :  6 x 35 menit


A.   KOMPETENSI INTI
1.  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, Membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.   KOMPETENSI DASAR
PPKN
3.3   Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah
4.3   Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah

Bahasa Indonesia
3.5  Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5  Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

SBdB
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmik
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana  dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna.

C. INDIKATOR
PPKN
3.3.8  Mengidentifikasi keberagaman teman-temansatu kelas berdasarkan suku bangsa
4.3.2  Menerapkan sikap menerima keberagaman individu di sekolah

Bahasa Indonesia
3.5.10 Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman
4.5.4   Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.

SBdB
3.2.2  Menunjukan pola irama bervariasi pada alat musik ritmik
4.7.3  Menyanyikan lagu wajib

C.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan bimbingan  guru, siswa dapat menyanyikan lagu wajib dengan percaya diri.
2.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan secara lisan isi lagu wajib menggunakan bahasa daerah dengan santun dan percaya diri.
3.      Dengan penugasan guru, siswa dapat membuat pertanyaan dan jawaban tentang perbedaan teman-teman berdasarkan suku bangsa yang ada di kelas dengan percaya diri.
4.      Dengan pertanyaan dan jawaban yang dibuat siswa, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan suku bangsa dengan teliti.
5.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat menghubungkan wajah anak dengan lagu pilihannya dengan teliti.
6.      Dengan melakukan pemungutan suara, siswa dapat menentukan lagu untuk dinyanyikan bersama di kelas dengan teliti.
7.      Dengan melakukan pemungutan suara, siswa dapat menerapkan sikap menerima keberagaman individu di sekolah dengan santun.
8.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu yang dipilih bersama di kelas dengan percaya diri.
9.      Dengan menyanyikan lagu pilihan bersama, siswa menyatakan bagaimana perasaannya ketika menyanyikan lagu yang bukan pilihannya dengan bahasa yang santun.
10.   Dengan menyatakan bagaiman perasaan meyanyikan lagu bukan pilihannya, siswa dapat menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
11.   Dengan menyanyikan lagu yang dipilih bersama, siswa dapat menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmik dengan percaya diri.
12.   Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan bahasa yang santun.

D.   MATERI
Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa, Makna Kemajemukan dalam Keberagaman Suku Bangsa

E.   PENDEKATAN & METODE
Pendekatan       : Scientific
Strategi               : Cooperative Learning
Teknik                 : Example Non Example
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Setiap manusia membutuhkan rasa nyaman dan damai. Menjaga kerukunan dengan sesama adalah kewajiban setiap umat. Seperti yang tertuang dalam ayat berikut:

The believers are but brothers, so make settlement between your brothers. And fear Allah that you may receive mercy.
(al-hujurat : 10)

Jika kau takut kepada Allah, maka jagalah kerukunan hidup, berbaik-baiklah kepada orang lain, dan damaikanlah teman-teman kalian yang sedang bertengkar. Maka, Allah akan merahmatimu.

Guru mengajak semua siswa berdo’a dalam mengawali kegiatan pembelajaran, yaitu mengajak siswa menyanyikan lagu. 
Menginformasikan Tema/Sub Tema yang akan dibelajarkan. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Guru menyediakan alat peraga yang berupa gambar kegiatan yang terkait pembelajaran hari ini.
 Guru menggali pengetahuan siswa dengan memberikan pertanyaan pembuka yang berhubungan dengan materi:
Tahukah kalian suku-suku bangsa dari daerah di Indonesia?
Sebutkan contoh-contoh suku bangsa yang kalian ketahui!

    15
    Menit
Kegiatan
Inti
Kegiatan 1
Ø  Mengamati
1.    Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar para siswa melakukan senam irama dengan iringan musik dengan teliti.
(terlampir)
2.    Siswa mengamati gambar para siswa melakukan senam irama dengan iringan musik.
3.    Siswa mengamati gambar gerakan gajah malenggang.
(terlampir)
4.    Siswa mendengarkan petunjuk guru tentang pembelajaran hari ini.

Ø  Menanyakan
1.    Siswa diminta menyampaikan rasa syukur mempunyai teman-teman-teman yang selalu berada di sekitar kita.  Dari bermacam-macam karakter, asal daerah, suku, dll. Sesungguhnya kepada merekalah kita membutuhkan bantuan atau pertolongan ketika kita berada di kelas atau lingkungan madrasah.
2.    Siswa bertanya tentang gambar dengan santun kepada teman sebangku.
·         Pernahkah temanmu berbeda pendapat dengan anggota keluarganya yang lain?
·         Perbedaan pendapat apa yang dialami temanmu?
·         Tuliskan pertanyaanmu dan jawaban temanmu itu dalam kartu tanya jawab.
·         Apakah perbedaan pendapat itu bisa diselesaikan?
Bagaimana penyelesaiannya?

Ø  Menganalisis
1.    Siswa mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
2.    Siswa mengidentifikasi peggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik.

Ø  Mencoba
1.    Siswa bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) dengan iringan musik dengan bimbingan guru.
2.    Siswa mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik berdasarkan gambar dengan bimbingsn guru.

Ø  Mempresentasikan
1.  Siswa diminta mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik di depan kelas.
2.  Siswa diminta mempraktikkan gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik di depan kelas.
3.  Siswa lain boleh menanggapi penampilan temannya.
4.  Guru mengonfirmasi jawaban siswa dengan memberi penguatan.

Ø  Menyimpulkan
Kesimpulan yang diharapkan bahwa siswa dapat menjelaskan pentingnya menjaga keserasian gerak Karena dengan menjaga setiap gerakan menggambarkan harmoni yang kuat. Tidak akan berhasil menciptakan gerak yang indah bila salah satu gerakan tidak dilakukan dengan serasi. Begitu pula gerakan yang dilakukan secara bersama-sama. Tidak akan tercipta sebuah kerukunan hidup jika salah seorang berseberangan atau tidak berjalan searah. Maka, tegakkanlah ukhuwah Islamiyah hingga menjadi persaudaraan yang kokoh diantara kamu. Agar tercipta suatu persatuan dan kesatuan yang kokoh demi terciptanya kerukunan hidup diantara sesama, dan berbangsa bertanah air.

Kegiatan 2
Ø  Amati
1.  Guru membimbing siswa untuk melakukan permainan menangkap ekor naga secara berkelompok dengan percaya diri.
2.  Siswa mengamati gambar aktivitas jasmani pada gambar.

Ø  Menanyakan
1.  Termasuk permainan apakah permainan menangkap ekor naga? permainan modern ataukah tradisional?
2.  Pernahkan kalian memainkannya?

Ø  Menganalisis
1.  Ceritakan aktifitas yang terdapat pada gambar aktivitas jasmani!
2.  Jawab pertanyaan berdasarkan gambar berikut dengan berdiskusi dengan teman sebangkumu!
3.  Siswa  menjelaskan arti manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman.

Ø  Mencoba
1.  Siswa dibagi ke dalam tiga kelompok dan berbaris dengan rapi.
2.  Siswa melakukan permainan menangkap ekor naga secara  berkelompok berdasarkan petunjuk guru.
3.  Siswa menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan sekolah ketika bermain.
4.  Siswa  menujukkan sikap menerapkan permintaan maaf untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan.
Ø Mempresentasikan
1.  Selesai bermain, guru menanyakan perasaan siswa dan mendiskusikan arti kerjasama dalam sebuah permainan bisik kata.
2.  Siswa diingatkan agar selalu menjaga kerukunan antar teman.
·    Guru memberti penguatan tentang pelajaran hari ini.

Ø Menyimpulkan
Kesimpulan yang diharapkan bahwa siswa dapat menghargai kebersamaan dengan teman-temannya. Menjaga keutuhan persahabatan dari sifat dan perbuatan yang dapat merusak hubungan persahabatan. Selalu mendoakan untuk kebaikan teman-teman di setiap setelah sholat 5 waktu.

    180
    Menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Beberapa siswa diberikan kesempatan berbicara dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral tentang  sikap terhadap menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekitarnya.

    15
    menit

H.   SUMBER DAN  MEDIA
·         Buku siswa tematik Hidup Rukun.
·         Buku Pedoman Guru Hidup Rukun.
·         Teks lagu Satu Nusa Satu Bangsa
·         Gambar wajah anak dan gambar jalan berkelok-kelok yang menunjukkan lagu yang dipilih.
·         Gambar tabel pemilihan lagu
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup :
Lingkungan sekitar, pengalaman, permainan bisik kalimat, gambar permainan bisik kalimat.



I.      PENILAIAN
1.    Prosedur Penilaian
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.

2.    Instrumen Penilaian
Penilaian Proses
1)  Penilaian Kinerja.
2)  Penilaian Produk.




Sidoarjo,

         Mengetahui                
      Kepala Madrasah                                                      Guru Pengampu           

                                     
     .....................................                                            .....................................                 







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SatuanPendidikan :   .....................................
Kelas / Semester    :  2 / 1
Tema                         :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                 :  Hidup Rukun di Sekolah (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke     :  6
Alokasi waktu          :  6 x 35 menit

A.   KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, Membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.   KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.5   Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5  Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

PPKn
3.4  Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.

MATEMATIKA
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok Dienes (kubus satuan)
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari 100

SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, polabervariasi dan pola irama ratadengan alat musik ritmik.
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna

C. INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.5.12 Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.10 Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman.

PPKn
3.3.8  Menyebutkan keberagaman temanteman sekelas berdasarkan cita-cita mereka.
4.3.4  Menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan sekolah.

MATEMATIKA
3.1.6 Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak.
3.1.7 Mengurutkan bilangan sampai 500.
4.1.2 Membuat pola deret bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari 100.

SBdP
3.2.4 Menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmik.
4.7.1 Membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna
4.7.2 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjodohkan gambar wajah anak dengan cita-citanya dengan teliti.
2.    Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan keberagaman teman-teman sekelas berdasarkan cita-cita mereka dengan percaya diri.
3.    Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu Bintang Kejora dengan penuh percaya diri.
4.    Dengan menyanyikan lagu Bintang Kejora, siswa dapat menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmik dengan percaya diri.
5.    Dengan penugasan guru, siswa dapat membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna dengan teliti.
6.    Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna dengan percaya diri.
7.    Dengan bekerjasama dengan teman sebangku, siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak dengan teliti.
8.    Dengan bekerja sama membandingkan dua kumpulan benda, siswa dapat menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan sekolah dengan santun dan percaya diri.
9.    Dengan bekerjasama, siswa dapat menerapkan permintaan maaf atas kesalahan sendiri untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan dengan percaya diri, teliti dan santun.
10. Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan santun.
11. Dengan melengkapi barisan bilangan, siswa dapat membuat pola deret bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari 100 dengan teliti.
12. Dengan media gambar kubus satuan, siswa dapat mengurutkan bilangan sampai 500 dengan teliti.
13. Dengan penugasan guru, siswa dapat mengurutkan benda dari yang terbesar sampai terkecil dengan teliti.

E.   MATERI
Menyanyikan lagu Bintang Kejora, keberagaman berdasarkan cita-cita yang ada di kelas, smanfaat hidup rukun, bilangan kurang dari 100

F.    PENDEKATAN & METODE
Pendekatan       : Scientific
Strategi               : Cooperative Learning
Teknik                 : Example Non Example
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Manusia masih membutuhkan manusia lain. Oleh karena itu, marilah kita jaga kerukunan hidup dengan sesama. Kita jaga hubungan baik dengan teman-teman di sekitar kita.
Seperti yang dijelaskan dalam Surat an-Nahl ayat 90

ِإنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ
Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku 'adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.


Maka jangan sia-siakan waktu yang kalian miliki dengan cara melakuakan hal-hal yang positif, berdo’a dan berusaha. Agar dapat menjalin hubungan yang baik dan dapat hidup rukun saling berdampingan.

Guru mengajak semua siswa berdo’a dalam mengawali kegiatan pembelajaran, yaitu mengajak siswa menyanyikan lagu. 
Menginformasikan Tema/Sub Tema yang akan dibelajarkan. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Guru menyediakan alat peraga yang berupa gambar kegiatan yang terkait pembelajaran hari ini.
 Guru menggali pengetahuan siswa dengan memberikan pertanyaan pembuka yang berhubungan dengan materi:
Tahukah kalian apa arti penting sebuah cita-cita?
Sebutkan contoh-contoh cita-cita yang kalian ketahui!

Guru melakukan sampling jawaban siswa.
Guru memberi arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat.

    15
    Menit
Kegiatan
Inti
Kegiatan 1
Ø  Mengamati
a.    Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar wajah anak dan cita-cita dengan teliti.
b.    Siswa mengamati gambar wajah anak dan cita-cita dan mendiskusikannya.
c.    Saat kegiatan mengamati, guru meminta untuk melihat secara detail tentang gambar tersebut.

Ø  Menanyakan
·      Guru memberikan tugas yang ada di buku siswa dengan menjawab pertanyaan (terlampir).
1.    Siswa bertanya jawab menyebutkan keberagaman teman-teman sekelas berdasarkan cita-cita mereka dengan percaya diri.
2.    Siswa membuat 5 pertanyaan tentang cita-cita temannya.
3.    Siswa menukar pekerjaannya untuk dijawab teman sebangkunya, dan siswa tersebut menjawab pertanyaan yang dibuat oleh temannya.
4.    Guru meminta siswa membuat pertanyaan yang berkaitan dengan gambar.
5.    Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu Bintang Kejora denga santun.

Ø  Menganalisis
·      Guru memberikan pertanyaan berdasarkan gambar yang telah diberikan.
1.    Profesi apa sajakah yang ada dalam gambar “menjodohkan wajah dengan cita-cita”?
2.    Tuliskan nama-nama tempat mereka bekerja di bawah masing-masing gambar!
3.    Tuliskan tugas dari masing-masing profesi yang ada pada gambar!

Ø  Mencoba
·      Siswa mengerjakan pertanyaan dengan teman sebangkunya.
·       Siswa menjodohkan gambar wajah anak dengan citacitanya
·       Siswa melakukan role table pada tiap-tiap kelompok besar. Masing-masing kelompok terdiri dari 8 – 10 siswa.
·       Guru memberikan short card gambar profesi pada masing-masing kelompok besar.
·       Siswa diberikan waktu 1 menit untuk mendiskripsikan tiap 1 short card.
·       Siswa melakukan brain storming pada masing-masing kelompok besar.
·       Siswa menyanyikan lagu Bintang Kejora.
·       Guru membimbing siswa membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna dengan teliti.
·       Siswa menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna.
·      Guru berkeliling untuk mengetahui apakah siswa memiliki kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
·      Guru memberikan pengetahuan dan penguatan tentang:
Keberagaman sesama berdasarkan cita-cita, Lagu Bintang Kejora dan cara menyanyikan dengan benar, serta menulis lagu karya sendiri.

Berikan motivasi agar siswa berani mengungkapkan pendapatnya.
Guru memberikan penguatan tentang materi hari ini.

Ø Mempresentasikan
·      Siswa mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompoknya.
·      Salah satu perwakilan kelompok mewakili untuk mewakili presentasi di depan kelas.
·      Siswa lain menanggapi.
·      Guru mengonfirmasi jawaban siswa dengan memberi penguatan.

Ø  Menyimpulkan
·      Siswa menyimpulkan tentang gerakan manipulatif pada permainan benteng-bentengan.
Kesimpulan yang diharapkan bahwa siswa dapat menjelaskan pentingnya menggantungkan cita-cita setinggi-tingginya agar menjadi manusia yang berhasil kelak dan menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain dan mengungkapkan tugas mulai dari masing-masing cita-cita yang telah diungkapkan melalui pembelajaran hari ini. Bersemangat dalam mencapai cita-cita, teguh pendirian dan istiqomah dalam belajar. Berusaha menjaga hubungan baik antar sesama teman, memiliki sikap positif ketika bermain di rumah teman, maupun dalam bermain secara berkelompok dengan teman-teman di sekitar. Dengan begitu, akan tercipta suatu kehidupan yang rukun dan tenteram. Perkuatlah ukhuwah islamiyah diantara kalian.

Kegiatan 2
Ø  Amati
·      Guru membimbing siswa untuk membandingkan banyak benda dengan teliti.
·      Siswa mengamati kumpulan buku lagu dan memperhatikan bilangan yang menunjukkan banyak buku.
·      Siswa membaca informasi dalam buku pembelajaran.
·      Siswa mengamati kumpulan buku lagu dan memperhatikan bilangan yang menunjukkan banyak buku
·      Siswa memperhatikan pola bilangan pada bilangan bilangan halaman buku lagu.
·      Siswa memperhatikan bilangan pada gambar kubus satuan

Ø  Menanyakan
1.    Guru melakukan modelling menggunakan benda yang ada di kelas tentang penjumlahan. Misal menggunakan bolpoin atau pensil, lalu melakukan tanya jawab.

                
+              =  .  .  .

2.    Siswa membuat 2 soal tentang bilangan loncat 10. Kemudian ditukar dengan teman sebangkunya. Siswa saling mengerjakan soal dari teman sebangku.
3.    Apa akibatnya jika tidak menjaga kerukunan dengan teman?

Ø Analisis
·      Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
1.  Bagaimanakah caramu menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan sekolah saat bekerjasama dengan teman?
2.  Buatlah pola deret bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100 dengan melengkapi barisan bilangan dengan pola  +10!
3.  Urutkan bilangan berikut!







Ø Mencoba
1.  Hitunglah banyak huruf pada syair lagu yang telah kamu buat!
2.  Dengan bekerjasama dengan teman sebangku bandingkan jumlah huruf syair lagu yang kamu buat dengan yang dibuat temanmu!
3.  Tukar syair lagu yang kamu buat kepada teman sebangku!
4.  Buatlah pertanyaan berdasarkan syair lagu karya teman sebangkumu!
5.  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan temannya.
6.  Siswa menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan sekolah saat bekerjasama dengan temannya.
7.  Buatlah dialog dengan teman sebangkumu tentang meminta maaf atas kesalahan sendiri untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan saat bekerjasama dengan temannya!

Ø Mempresentasikan
·      Siswa mempresentasikan hasil tulisannya dengan teman sebangkunya.
·      Guru membahas jawaban.
·      Guru memberi penguatan tentang gerakan manipulatif pada permainan benteng-bentengan, serta karya tulis tentang permainan yang suda dilakukan siswa.

Ø Menyimpulkan
·      Guru mengingatkan siswa kembali tentang pelajaran hari ini.
·      Siswa menuliskan hal-hal yang sudah dipelajari (sesuai dengan kegiatan yang ada di buku siswa).
·      Siswa menyimpulkan tentang kegiatan hari ini manfaat hidup rukun.
Kesimpulan yang diharapkan bahwa siswa dapat menyimpulkan bahwa untuk dapat memperoleh hidup yang rukun saling berdampingan, siswa perlu bekerja keras menjaga hubungan baik dan tali silaturahmi antar teman dan selalu bersyukur kepada Allah atas karunia yang telah diberikanNya hingga saat ini. Untuk itu, siswa harus berusaha menjalin tali silaturahmi sebagai bentuk upaya untuk menjaga keutuhan kerukunan antar teman agar tidak terjadi perpecahan atau pertengkaran.

    180
    Menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Beberapa siswa diberikan kesempatan berbicara dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral tentang  sikap terhadap menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekitarnya.

    15
    menit

H.   SUMBER DAN  MEDIA
·         Buku siswa tematik Bermain di Lingkungan.
·         Buku Pedoman Guru Tematik Bermain di Lingkungan.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup :
Gambar beberapa macam benda, Tabel macam benda, Teks petunjuk cara membuat karya rangkaian, Daun, Bunga kering, Ranting kecil, Lem yang cukup kuat, Benda-benda yang sejenis

I.      PENILAIAN
3.    Prosedur Penilaian
a.    Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.    Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).

4.    Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses
1.  Penilaian Kinerja.
2.  Penilaian Produk.
b.     Penilaian Hasil Belajar
1.  Isian singkat.



Sidoarjo,
         Mengetahui                
      Kepala Madrasah                                                                Guru Pengampu           



 .....................................                                                       .....................................

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh PTK Bab 4

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bhs. Inggris kelas 1

Yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Cerpen (Untuk Pemula)