Contoh RPP K13 Kelas 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : .....................................
Kelas / Semester : 2 /
1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Sekolah (Sub
Tema 3)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 6 x 35 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, Membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
PPKN
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
SBdB
3.2 Mengenal
pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata
dengan alat musik ritmik
4.7
Menyanyikan lagu anak-anak sederhana
dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna.
C. INDIKATOR
PPKN
3.3.8
Mengidentifikasi keberagaman teman-temansatu kelas berdasarkan suku
bangsa
4.3.2
Menerapkan sikap menerima keberagaman individu di sekolah
Bahasa
Indonesia
3.5.10
Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman
4.5.4 Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap
hidup rukun dalam kemajemukan teman.
SBdB
3.2.2
Menunjukan pola irama bervariasi pada alat musik ritmik
4.7.3 Menyanyikan lagu wajib
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu wajib
dengan percaya diri.
2. Dengan bimbingan guru, siswa dapat
menceritakan secara lisan isi lagu wajib menggunakan bahasa daerah dengan santun
dan percaya diri.
3. Dengan penugasan guru, siswa dapat membuat
pertanyaan dan jawaban tentang perbedaan teman-teman berdasarkan suku bangsa
yang ada di kelas dengan percaya diri.
4. Dengan pertanyaan dan jawaban yang dibuat
siswa, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman-teman satu kelas
berdasarkan suku bangsa dengan teliti.
5. Dengan bimbingan guru, siswa dapat
menghubungkan wajah anak dengan lagu pilihannya dengan teliti.
6. Dengan melakukan pemungutan suara, siswa
dapat menentukan lagu untuk dinyanyikan bersama di kelas dengan teliti.
7. Dengan melakukan pemungutan suara, siswa
dapat menerapkan sikap menerima keberagaman individu di sekolah dengan santun.
8. Dengan bimbingan guru, siswa dapat
menyanyikan lagu yang dipilih bersama di kelas dengan percaya diri.
9. Dengan menyanyikan lagu pilihan bersama,
siswa menyatakan bagaimana perasaannya ketika menyanyikan lagu yang bukan
pilihannya dengan bahasa yang santun.
10. Dengan menyatakan bagaiman perasaan
meyanyikan lagu bukan pilihannya, siswa dapat menemukan peran permintaan maaf
terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
11. Dengan menyanyikan lagu yang dipilih bersama,
siswa dapat menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmik dengan
percaya diri.
12. Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan
makna hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan bahasa yang santun.
D.
MATERI
Menyanyikan
lagu Satu Nusa Satu Bangsa, Makna Kemajemukan dalam Keberagaman Suku Bangsa
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan
: Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Setiap manusia membutuhkan
rasa nyaman dan damai. Menjaga kerukunan dengan sesama adalah kewajiban
setiap umat. Seperti yang tertuang dalam ayat berikut:
The believers are but
brothers, so make settlement between your brothers. And fear Allah that you
may receive mercy.
(al-hujurat : 10)
Jika kau takut kepada
Allah, maka jagalah kerukunan hidup, berbaik-baiklah kepada orang lain, dan
damaikanlah teman-teman kalian yang sedang bertengkar. Maka, Allah akan
merahmatimu.
Guru mengajak semua siswa berdo’a
dalam mengawali kegiatan pembelajaran, yaitu mengajak siswa menyanyikan lagu.
Menginformasikan Tema/Sub Tema
yang akan dibelajarkan. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Guru
menyediakan alat peraga yang berupa gambar kegiatan yang terkait pembelajaran
hari ini.
Guru menggali pengetahuan siswa dengan
memberikan pertanyaan pembuka yang berhubungan dengan materi:
Tahukah kalian suku-suku bangsa dari daerah di Indonesia?
Sebutkan contoh-contoh suku bangsa yang kalian ketahui!
|
15
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
Kegiatan 1
Ø Mengamati
1. Guru
membimbing siswa untuk mengamati gambar para siswa melakukan senam irama
dengan iringan musik dengan teliti.
(terlampir)
2. Siswa mengamati
gambar para siswa melakukan senam irama dengan iringan musik.
3. Siswa
mengamati gambar gerakan gajah malenggang.
(terlampir)
4. Siswa
mendengarkan petunjuk guru tentang pembelajaran hari ini.
Ø Menanyakan
1.
Siswa diminta menyampaikan rasa syukur mempunyai
teman-teman-teman yang selalu berada di sekitar kita. Dari bermacam-macam karakter, asal daerah,
suku, dll. Sesungguhnya kepada merekalah kita membutuhkan bantuan atau
pertolongan ketika kita berada di kelas atau lingkungan madrasah.
2.
Siswa bertanya tentang gambar dengan santun kepada
teman sebangku.
·
Pernahkah temanmu berbeda pendapat dengan
anggota keluarganya yang lain?
·
Perbedaan pendapat apa yang dialami
temanmu?
·
Tuliskan pertanyaanmu dan jawaban temanmu
itu dalam kartu tanya jawab.
·
Apakah perbedaan pendapat itu bisa
diselesaikan?
Bagaimana penyelesaiannya?
Ø Menganalisis
1. Siswa
mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama
(ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
2. Siswa
mengidentifikasi peggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai
irama (ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
Ø Mencoba
1. Siswa
bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) dengan iringan musik dengan
bimbingan guru.
2. Siswa
mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) dengan iringan
musik berdasarkan gambar dengan bimbingsn guru.
Ø Mempresentasikan
1. Siswa diminta
mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan
musik dalam aktivitas gerak ritmik di depan kelas.
2. Siswa diminta
mempraktikkan gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan
musik dalam aktivitas gerak ritmik di depan kelas.
3. Siswa lain boleh
menanggapi penampilan temannya.
4. Guru mengonfirmasi jawaban siswa
dengan memberi penguatan.
Ø Menyimpulkan
Kesimpulan
yang diharapkan bahwa siswa dapat menjelaskan pentingnya menjaga
keserasian gerak Karena dengan menjaga setiap gerakan menggambarkan harmoni
yang kuat. Tidak akan berhasil menciptakan gerak yang indah bila salah satu
gerakan tidak dilakukan dengan serasi. Begitu pula gerakan yang dilakukan
secara bersama-sama. Tidak akan tercipta sebuah kerukunan hidup jika salah
seorang berseberangan atau tidak berjalan searah. Maka, tegakkanlah ukhuwah
Islamiyah hingga menjadi persaudaraan yang kokoh diantara kamu. Agar tercipta
suatu persatuan dan kesatuan yang kokoh demi terciptanya kerukunan hidup
diantara sesama, dan berbangsa bertanah air.
Kegiatan
2
Ø Amati
1. Guru
membimbing siswa untuk melakukan permainan menangkap ekor naga secara
berkelompok dengan percaya diri.
2. Siswa
mengamati gambar aktivitas jasmani pada gambar.
Ø Menanyakan
1. Termasuk
permainan apakah permainan menangkap ekor naga? permainan modern ataukah
tradisional?
2. Pernahkan
kalian memainkannya?
Ø Menganalisis
1. Ceritakan
aktifitas yang terdapat pada gambar aktivitas jasmani!
2. Jawab
pertanyaan berdasarkan gambar berikut dengan berdiskusi dengan teman
sebangkumu!
3. Siswa menjelaskan arti manfaat hidup rukun dalam
kemajemukan teman.
Ø Mencoba
1. Siswa dibagi
ke dalam tiga kelompok dan berbaris dengan rapi.
2. Siswa
melakukan permainan menangkap ekor naga secara berkelompok berdasarkan petunjuk guru.
3. Siswa
menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan
sekolah ketika bermain.
4. Siswa menujukkan sikap menerapkan permintaan maaf
untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan.
Ø Mempresentasikan
1. Selesai
bermain, guru menanyakan perasaan siswa dan mendiskusikan arti kerjasama
dalam sebuah permainan bisik kata.
2. Siswa diingatkan
agar selalu menjaga kerukunan antar teman.
·
Guru memberti penguatan tentang pelajaran hari ini.
Ø Menyimpulkan
Kesimpulan
yang diharapkan bahwa siswa dapat menghargai kebersamaan dengan
teman-temannya. Menjaga keutuhan persahabatan dari sifat dan perbuatan yang
dapat merusak hubungan persahabatan. Selalu mendoakan untuk kebaikan
teman-teman di setiap setelah sholat 5 waktu.
|
180
Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Siswa
melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan
hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal
lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk
mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
Beberapa siswa diberikan kesempatan berbicara dan menambahkan informasi dari
siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral tentang sikap terhadap menjaga lingkungan tempat
tinggal dan sekitarnya.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Buku siswa tematik Hidup Rukun.
·
Buku
Pedoman Guru Hidup Rukun.
·
Teks lagu
Satu Nusa Satu Bangsa
·
Gambar wajah
anak dan gambar jalan berkelok-kelok yang menunjukkan lagu yang dipilih.
·
Gambar tabel
pemilihan lagu
·
Sumber
Motivasi/Inspirasi Hidup :
Lingkungan
sekitar, pengalaman, permainan bisik kalimat, gambar permainan bisik kalimat.
1.
Prosedur Penilaian
Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan akhir.
2.
Instrumen Penilaian
Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja.
2) Penilaian Produk.
Sidoarjo,
Mengetahui
Kepala
Madrasah Guru Pengampu
..................................... .....................................
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : .....................................
Kelas / Semester : 2 /
1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Sekolah (Sub
Tema 3)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 6 x 35 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, Membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5
Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman
di rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan
sekolah.
MATEMATIKA
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok Dienes (kubus
satuan)
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan
yang kurang dari 100
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, polabervariasi dan pola irama ratadengan alat musik ritmik.
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana
dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna
C. INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
3.5.12 Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.10 Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam
menyikapi kemajemukan teman.
PPKn
3.3.8 Menyebutkan keberagaman
temanteman sekelas berdasarkan cita-cita mereka.
4.3.4 Menunjukkan perilaku mau
berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan sekolah.
MATEMATIKA
3.1.6 Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih
sedikit, atau sama banyak.
3.1.7 Mengurutkan bilangan sampai 500.
4.1.2 Membuat pola deret bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan
yang kurang dari 100.
SBdP
3.2.4
Menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmik.
4.7.1
Membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna
4.7.2 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan
kata-kata sendiri yang bermakna
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat
menjodohkan gambar wajah anak dengan cita-citanya dengan teliti.
2. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
keberagaman teman-teman sekelas berdasarkan cita-cita mereka dengan percaya
diri.
3. Dengan bimbingan guru, siswa dapat
menyanyikan lagu Bintang Kejora dengan penuh percaya diri.
4. Dengan menyanyikan lagu Bintang Kejora, siswa
dapat menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmik dengan percaya diri.
5. Dengan penugasan guru, siswa dapat membuat
lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna dengan teliti.
6. Dengan bimbingan guru, siswa dapat
menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna
dengan percaya diri.
7. Dengan bekerjasama dengan teman sebangku,
siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak,
lebih sedikit atau sama banyak dengan teliti.
8. Dengan bekerja sama membandingkan dua
kumpulan benda, siswa dapat menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan
beragam teman di lingkungan sekolah dengan santun dan percaya diri.
9. Dengan bekerjasama, siswa dapat menerapkan
permintaan maaf atas kesalahan sendiri untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi
kemajemukan dengan percaya diri, teliti dan santun.
10. Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan
akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan santun.
11. Dengan melengkapi barisan bilangan, siswa
dapat membuat pola deret bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang
kurang dari 100 dengan teliti.
12. Dengan media gambar kubus satuan, siswa dapat
mengurutkan bilangan sampai 500 dengan teliti.
13. Dengan penugasan guru, siswa dapat
mengurutkan benda dari yang terbesar sampai terkecil dengan teliti.
E. MATERI
Menyanyikan
lagu Bintang Kejora, keberagaman berdasarkan cita-cita yang ada di kelas,
smanfaat hidup rukun, bilangan kurang dari 100
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan
: Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Manusia masih membutuhkan manusia
lain. Oleh karena itu, marilah kita jaga kerukunan hidup dengan sesama. Kita jaga
hubungan baik dengan teman-teman di sekitar kita.
Seperti yang
dijelaskan dalam Surat an-Nahl ayat 90
ِإنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ
وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ
وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ
Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu)
berlaku 'adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia
melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi
pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.
Maka jangan sia-siakan waktu yang kalian miliki dengan cara
melakuakan hal-hal yang positif, berdo’a dan berusaha. Agar dapat menjalin
hubungan yang baik dan dapat hidup rukun saling berdampingan.
Guru mengajak semua siswa berdo’a
dalam mengawali kegiatan pembelajaran, yaitu mengajak siswa menyanyikan lagu.
Menginformasikan Tema/Sub Tema
yang akan dibelajarkan. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Guru
menyediakan alat peraga yang berupa gambar kegiatan yang terkait pembelajaran
hari ini.
Guru menggali pengetahuan siswa dengan
memberikan pertanyaan pembuka yang berhubungan dengan materi:
Tahukah kalian apa arti penting sebuah cita-cita?
Sebutkan contoh-contoh cita-cita yang kalian ketahui!
Guru melakukan sampling jawaban siswa.
Guru memberi
arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat.
|
15
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
Kegiatan 1
Ø Mengamati
a.
Guru membimbing siswa untuk mengamati
gambar wajah anak dan cita-cita dengan teliti.
b.
Siswa mengamati gambar wajah anak dan
cita-cita dan
mendiskusikannya.
c.
Saat kegiatan mengamati, guru meminta untuk melihat secara detail tentang gambar tersebut.
Ø Menanyakan
·
Guru memberikan tugas yang ada di buku siswa dengan menjawab
pertanyaan (terlampir).
1.
Siswa bertanya jawab menyebutkan
keberagaman teman-teman sekelas berdasarkan cita-cita mereka dengan percaya
diri.
2.
Siswa membuat 5 pertanyaan tentang
cita-cita temannya.
3.
Siswa menukar pekerjaannya untuk dijawab
teman sebangkunya, dan siswa tersebut menjawab pertanyaan yang dibuat oleh
temannya.
4.
Guru meminta siswa membuat pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar.
5.
Guru membimbing siswa untuk menyanyikan
lagu Bintang Kejora denga santun.
Ø Menganalisis
·
Guru memberikan pertanyaan berdasarkan gambar yang telah
diberikan.
1. Profesi apa
sajakah yang ada dalam gambar “menjodohkan wajah dengan cita-cita”?
2. Tuliskan
nama-nama tempat mereka bekerja di bawah masing-masing gambar!
3. Tuliskan
tugas dari masing-masing profesi yang ada pada gambar!
Ø Mencoba
·
Siswa mengerjakan pertanyaan dengan teman sebangkunya.
·
Siswa menjodohkan gambar wajah anak dengan
citacitanya
·
Siswa melakukan role table pada tiap-tiap
kelompok besar. Masing-masing kelompok terdiri dari 8 – 10 siswa.
·
Guru memberikan short card gambar profesi
pada masing-masing kelompok besar.
·
Siswa diberikan waktu 1 menit untuk
mendiskripsikan tiap 1 short card.
·
Siswa melakukan brain storming pada
masing-masing kelompok besar.
·
Siswa menyanyikan lagu Bintang Kejora.
·
Guru membimbing siswa membuat lagu
anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna dengan teliti.
·
Siswa menyanyikan lagu anak-anak sederhana
dengan kata-kata sendiri yang bermakna.
·
Guru berkeliling untuk mengetahui apakah siswa memiliki
kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
·
Guru memberikan pengetahuan dan penguatan tentang:
Keberagaman
sesama berdasarkan cita-cita, Lagu Bintang Kejora dan cara menyanyikan dengan
benar, serta menulis lagu karya sendiri.
Berikan
motivasi agar siswa berani mengungkapkan pendapatnya.
Guru
memberikan
penguatan tentang materi hari ini.
Ø Mempresentasikan
·
Siswa mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompoknya.
·
Salah satu perwakilan kelompok mewakili untuk mewakili
presentasi di depan kelas.
·
Siswa lain menanggapi.
·
Guru mengonfirmasi jawaban siswa dengan memberi penguatan.
Ø Menyimpulkan
·
Siswa menyimpulkan tentang gerakan manipulatif pada permainan
benteng-bentengan.
Kesimpulan
yang diharapkan bahwa siswa dapat menjelaskan pentingnya menggantungkan
cita-cita setinggi-tingginya agar menjadi manusia yang berhasil kelak dan
menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain dan mengungkapkan tugas mulai
dari masing-masing cita-cita yang telah diungkapkan melalui pembelajaran hari
ini. Bersemangat dalam mencapai cita-cita, teguh pendirian dan istiqomah
dalam belajar. Berusaha menjaga hubungan baik antar sesama teman, memiliki
sikap positif ketika bermain di rumah teman, maupun dalam bermain secara
berkelompok dengan teman-teman di sekitar. Dengan begitu, akan tercipta suatu
kehidupan yang rukun dan tenteram. Perkuatlah ukhuwah islamiyah diantara
kalian.
Kegiatan
2
Ø Amati
·
Guru membimbing siswa untuk membandingkan
banyak benda dengan teliti.
·
Siswa mengamati kumpulan buku lagu dan
memperhatikan bilangan yang menunjukkan banyak buku.
·
Siswa membaca informasi dalam buku
pembelajaran.
·
Siswa mengamati kumpulan buku lagu dan
memperhatikan bilangan yang menunjukkan banyak buku
·
Siswa memperhatikan pola bilangan pada
bilangan bilangan halaman buku lagu.
·
Siswa memperhatikan bilangan pada gambar
kubus satuan
Ø Menanyakan
1.
Guru melakukan modelling menggunakan benda
yang ada di kelas tentang penjumlahan. Misal menggunakan bolpoin atau pensil,
lalu melakukan tanya jawab.
+
= . . .
2. Siswa membuat
2 soal tentang bilangan loncat 10. Kemudian ditukar dengan teman sebangkunya.
Siswa saling mengerjakan soal dari teman sebangku.
3. Apa akibatnya
jika tidak menjaga kerukunan dengan teman?
Ø Analisis
·
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
1. Bagaimanakah
caramu menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan sekolah saat bekerjasama dengan teman?
2. Buatlah
pola deret bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari
100 dengan melengkapi barisan bilangan dengan pola +10!
3. Urutkan
bilangan berikut!
Ø Mencoba
1. Hitunglah
banyak huruf pada syair lagu yang telah kamu buat!
2. Dengan
bekerjasama dengan teman sebangku bandingkan jumlah huruf syair lagu yang
kamu buat dengan yang dibuat temanmu!
3. Tukar
syair lagu yang kamu buat kepada teman sebangku!
4. Buatlah
pertanyaan berdasarkan syair lagu karya teman sebangkumu!
5. Siswa
menjawab pertanyaan yang diberikan temannya.
6. Siswa
menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan
sekolah saat bekerjasama dengan temannya.
7. Buatlah
dialog dengan teman sebangkumu tentang meminta maaf atas kesalahan sendiri
untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan saat bekerjasama
dengan temannya!
Ø Mempresentasikan
·
Siswa mempresentasikan hasil tulisannya dengan teman sebangkunya.
·
Guru membahas jawaban.
·
Guru memberi penguatan tentang gerakan
manipulatif pada permainan benteng-bentengan, serta karya tulis tentang
permainan yang suda dilakukan siswa.
Ø Menyimpulkan
·
Guru mengingatkan siswa kembali tentang
pelajaran hari ini.
·
Siswa menuliskan hal-hal yang sudah dipelajari (sesuai
dengan kegiatan yang ada di buku siswa).
·
Siswa menyimpulkan tentang kegiatan hari ini manfaat
hidup rukun.
Kesimpulan
yang diharapkan bahwa siswa dapat menyimpulkan bahwa untuk dapat
memperoleh hidup yang rukun saling berdampingan, siswa perlu bekerja keras
menjaga hubungan baik dan tali silaturahmi antar teman dan selalu bersyukur
kepada Allah atas karunia yang telah diberikanNya hingga saat ini. Untuk itu,
siswa harus berusaha menjalin tali silaturahmi sebagai bentuk upaya untuk
menjaga keutuhan kerukunan antar teman agar tidak terjadi perpecahan atau
pertengkaran.
|
180
Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Siswa
melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan
hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal
lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk
mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
Beberapa siswa diberikan kesempatan berbicara dan menambahkan informasi dari
siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral tentang sikap terhadap menjaga lingkungan tempat
tinggal dan sekitarnya.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Buku siswa tematik Bermain di Lingkungan.
·
Buku
Pedoman Guru Tematik Bermain di Lingkungan.
·
Sumber
Motivasi/Inspirasi Hidup :
Gambar
beberapa macam benda, Tabel macam benda, Teks petunjuk cara membuat karya
rangkaian, Daun, Bunga kering, Ranting kecil, Lem yang cukup kuat, Benda-benda
yang sejenis
I.
PENILAIAN
3.
Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian
hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1. Penilaian Kinerja.
2. Penilaian Produk.
b. Penilaian
Hasil Belajar
1. Isian singkat.
Sidoarjo,
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Pengampu
..................................... .....................................
Komentar
Posting Komentar