Secret between mom n son

Secret between mom n son
Believe or not, There is a big power in mom's love

Kamis, 21 Januari 2010

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bhs. Inggris kelas 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( R P P )

Sekolah :

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : I/I

Kompetensi Dasar : Membaca dengan nyaring dengan pelafalan yang tepat

Indikator : - Membaca nyaring teks bacaan

- Mengucapkan kata-kata dengan pelafalan yang tepat

- Menjawab pertanyaan-pertanyaan teks bacaan dengan benar

Alokasi Waktu : 2x35 menit

Pertemuan : I

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat mengucapkan Alphabet dengan pelafalafan yang tepat

2. Siswa dapat mengeja kata-kata dengan benar

Materi : Alphabet

Strategi Pembelajaran:

- Expedisi Huruf Acak (EHA)

- Diskusi

Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan awal (10 menit)

Motivasi

Book is the window of the world. Let’s make “Reading” as our nation culture. Began from the smallest thing.

(buku adalah jendela dunia. Mari kita jadikan membaca sebagai budaya bangsa. Kita mulai dari hal yang terkecil)

Apersepsi

Who can say Alphabet from A to Z?

Who can spell them well?

G J

How to dishtinguish the spelling?

H K W Y

How is the right spelling V and F?

2. Kegiatan inti (3o menit)

1. Guru menjelaskan kepada siswa tentang tugas yang akan dikerjakan hari ini. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Masing-masing siswa mengumpulkan huruf-huruf yang tersebar di dalam kelas menjadi satu kata dalam bahasa Inggris. Apabila ada sisa huruf yang tidak bisa disusun menjadi kata, maka poin nilai yang berhasil dikumpulkan oleh siswa berkurang sesuai dengan jumlah sisa huruf. Siswa tidak diperbolehkan asal dalam pengambilan huruf agar tidak ada sisa huruf mati atau huruf yang dapat mengurangi poin. Dari 5 siswa tiap kelompoknya harus terbentuk minimal 5 kata. Pengumpulan huruf dibatasi waktu sampai 5 menit.

2. Dari huruf-huruf yang sudah terkumpul, siswa diminta guru untuk mengartikan kata ke dalam Bahasa Indonesia dengan menempelkan kata yang sudah dibentuk diatasnya.

3. Siswa berdiskusi dengan kelompok masing-masing untuk membentuk kata menjadi kalimat sederhana. Kalimat yang terbentuk minimal 5 kalimat dan ditulis dibawah translation.

4. Siswa menilai karya kelompok lain. Mana yang perlu diperbaiki dan mana yang tidak.

5. Siswa memperbaiki kata atau kalimat yang salah.

6. Siswa dan guru memilih 3 karya terbaik.

7. Karya terbaik dengan susunan terkreatif mendapat penghargaan.

8. Karya terbaik akan dipajang di papan pajang.

3. Kegiatan akhir (30 menit)

1. Siswa dan guru melakukan refleksi

2. Evaluasi (terlampir)

3. LKS (terlampir)

4. Sumber Belajar

- Alphabet card

- LKS

- Buku Media Ilmu

5. Refleksi (terlampir)

Guru melakukan refleksi yang terdiri dari catatan selama proses pembelajaran berlangsung, hasil belajar siswa dan revisi apabila ada 40% siswa tidak tuntas.

6. Penilaian

a. Teknik : Portofolio

b. Bentuk instrumen: Papan pajang

c. Instrumen nilai :

1. Instrumen Portofolio

2. Instrumen Kelompok

...........................................

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Bidang Study

(......................................) (....................................................)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar