Contoh Program Tahunan SMU ; Bhs. Inggris

PROGRAM TAHUNAN

SMU KENCANA SIDOARJO

2007/2008

Mata pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas : X

Smstr

Kompetensi dasar/indikator

Alokasi waktu

Keterangan

I

II

I.1. Mengidentifikasi kebutuhan manusia

I.1.1. Menjelaskan pengertian kebutuhan

I.1.2. Menguraikan macam-macam kebutuhan

I.1.3. Menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan seseorang

I.2. Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

I.2.1. Menjelaskan pengertian kelangkaan

I.2.2. Mengidentifikasi penyebab terjadinya kelangkaan

I.2.3. Mengidentifikasi penyebab kebutuhan yang tidak terbatas

I.3. Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi yaitu tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang diproduksi

I.3.1. Menjelaskan inti masalah ekonomi

I.3.2. Mengidentifikasi masalah apa dan berapa yang diproduksi

I.3.3. Mengidentifikasi masalah bagaimana cara memproduksi

I.3.4. Mengidentifikasi masalah untuk siapa diproduksi

I.4. Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain

I.4.1. Menjelaskan pengertian biaya peluang (opportunity cost)

I.4.2. Membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang

I.5. Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi

I.5.1. Mendefinisikan sistem ekonomi

I.5.2. Menguraikan macam-macam sistem ekonomi

I.5.3. Menguraikan pemecahan masalah ekonomi pada tiap-tiap sistem ekonomi

Ulangan harian (KD 3,4,5)

II.1. Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan

produsen dalam kegiatan ekonomi

II.1.1. Mendeskripsikan pola perilaku konsumen

II.1.2. Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi pola perilaku konsumen

II.1.3. Mendeskripsikan pola prilaku produsen

II.1.4. Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi pola perilaku produsen

II.2. Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram

II.2.1. Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (circulair flow diagram)

II.2.2. Menjelaskan circulai flow diagram

II.3. Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen

II.3.1. Mendeskripsikan peran konsumen dalam perekonomian

II.3.2. Mendeskripsikan peran produsen dalam perekonomian

Ujian tengah semester (SK 2)

III.1. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran

III.1.1. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan

III.1.2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran

III.2. Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya

III.2.1. Menjelaskan hukum permintaan

III.2.2. Menjelaskan asumsi yang mendasari hukum permintaan

III.2.3. Menjelaskan hukum penawaran

III.2.4. Menjelaskan asumsi yang mendasari hukum penawaran

III.3. Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan

III.3.1. Mendeskripsikan pengertian harga

III.3.2. Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi harga

III.3.3. Mendeskripsikan jumlah keseimbangan

III.3.4. Menjelaskan proses terjadinya jumlah keseimbangan

III.4. Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang

III.4.1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk pasar barang

III.4.2. Menguraikan ciri-ciri dari masing-masing bentuk pasar barang

III.5. Mendeskripsikan pasar input

III.5.1. Menjelaskan pengertian pasar input

III.5.2. Menguraikan macam-macam pasar input

III.5.3. Mengidentifikasi harga dalam pasar input

Ujian blok (SK 3)

Cadangan

IV.1. Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro

IV.1.1. Menjelaskan konsep ekonomi mikro

IV.1.2. Menjelaskan konsep ekonomi makro

IV.1.3. Menguraikan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro

IV.2. Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi

IV.2.1. Menguraikan permasalahan-permasalahan ekonomi

IV.2.2. Menjelaskan kebijakan pemerintah untuk mengatasi masalah ekonomi

V.1. Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN

V.1.1. Mendefinisikan konsep PDB, PDRB, PNB, PN

V.1.2. Menjelaskan perhitungan PDB, PDRB, PNB, PN

V.2. Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional

V.2.1. Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi siswa

V.2.2. Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi swasta/perusahaan

V.2.3. Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi pemerintah

V.3. Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain

V.3.1. Membandingkan PDB Indonesia dengan negara lain

V.3.1. Membandingkan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain

V.4. Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi

V.4.1. Menjelaskan pengertian indeks harga

V.4.2. Menguraikan hal-hal yang mempengaruhi indeks harga

V.4.3. Menjelaskan pengertian inflasi

V.4.4. Menguraikan bentuk-bentuk inflasi berdasarkan penyebab terjadinya

V.4.5. Mengidentifikasi dampak inflasi

V.4.6. Menguraikan cara pemerintah mengatasi inflasi

Ujian Tengah Semester (SK 4 dan 5)

VI.1. Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan

VI.1.1. Mendeskripsikan fungsi konsumsi

VI.1.2. Mendeskripsikan fungsi tabungan

VI.2. Mendeskripsikan kurva permintaan investasi

VI.2.1. Menjelaskan permintaan investasi

VI.2.2. Menjelaskan kurva permintaan investasi

VI.2.3. Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan investasi

VII.1.Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang

VII.1.1.Menjelaskan konsep permintaan uang

VII.1.2.Menguraikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi permintaan uang

VII.1.3.Menjelaskan konsep penawaran uang

VII.1.4.Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran uang

VII.2.Membedakan peran bank umum dan bank sentral

VII.2.1. Menjelaskan peran bank umum

VII.2.2. Menjelaskan peran bank sentral

VII.3.Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter

VII.3.1.Menjelaskan kebijakan moneter

VII.3.2.Menguraikan macam-macam kebijakan moneter

Ujian Blok ( SK 6 dan 7)

Cadangan

2 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

4 x 45

menit

4 x 45

menit

2 x 45

menit

4 x 45

menit

4 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

4 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

4 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

4 x 45

menit

2 x 45

menit

4 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh PTK Bab 4

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bhs. Inggris kelas 1

Yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Cerpen (Untuk Pemula)