Contoh Silabus SMU ; Bhs. Inggris dan Ekonomi
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Kencana Sidoarjo
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X / I
Standar kompetensi : Berkomunikasi lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam
wacana interaksional dan atau monolog terutama berkenaan dengan wacana berbentuk naratif, prosedur, spoof,recount,
report dan news item
Alokasi Waktu : 14 x 45 menit
No. | Kompetensi Dasar | MateriPokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk | Instrument | |||||||
1 2 | Mendengar-kan memahami wacana intruksional dan interpersonal Memahami kosakata tentang penngalaman pribadi waktu lampau | Wacana monolog, past tense, reported speech kosakata yang berhubungan dengan wacana | · Memahami penjelasan isi wacana · Memahami penjelasan tentang past tense · Memahami penjelasan tentang reported speech · Mendiskusikan kalimat-kalimat past tense dan reported speech dalam wacana · Melafalkan kata kerja dalam past tense dengan benar ● Membahas kata kerja bentuk ke 2 secara umum yang berkaitan dengan past tense dan reported speech | · Memahami isi wacana · Menguraikan pengertian past tense dan reported speech · Mengetahui penggunaan past tense dan reported speech · Menjelaskan kalimat-kalimat yang ditemukan dalam wacana · Menyebutkan beberapa kata kerja past tense · Mendaftar kata kerja beraturan dan tidak beraturan | Tugas kelompok Kuis Tanya- jawab | Tabel, 8 soal tulis 15 soal lesan | What does the text tell us about? Do you know verb 2 we use? What are they? | 2 x 45 Menit 2 x 45 menit | Bahasa Inggris untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-beta OHP |
No. | Kompetensi Dasar | MateriPokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk | Instrument | |||||||
3 4 5 | Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu apa, bagaimana, dan untuk siapa Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi | Masalah Pokok Ekonomi Sistem Ekonomi | sumber mata pencaharian · Mendiskusikan penyebab kebutuhan manusia yang tidak terbatas · Memberikan penjelasan tentang masalah ekonomi · Menganalisis masalah ekonomi apa dan berapa yang diproduksi · Menganalisis masalah ekonomi bagaimana cara memproduksi · Menganalisis masalah ekonomi untuk siapa diproduksi · Memberikan penjelasan tentang opportunity cost · Memberikan contoh dari kehidupan sehari-hari tentang opportunity cost · Mendiskusikan perbedaan biaya sehari-hari dengan biaya peluang · Memberikan penjelasan tentang pengertian sistem ekonomi · Menganalisis macam-macam sistem ekonomi · Menganalisis kelemahan dan kelebihan tiap-tiap sistem ekonomi · Mendiskusikan pemecahan masalah yang ada pada tiap-tiap sistem ekonomi | Sumber pencaharian · Mengidentifikasi · Menjelaskan inti masalah ekonomi · Mengidentifikasi masalah apa dan berapa yang diproduksi · Mengidentifikasi masalah bagaimana cara memproduksi · Mengidentifikasi masalah untuk siapa diproduksi · Menjelaskan pengertian biaya peluang (opportuny cost) · Membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang · Mendefinisikan sistem ekonomi · Menguraikan macam-macam sistem ekonomi · Menguraikan pemecahan masalah ekonomi pada tiap-tiap sistem ekonomi | Kuis tentang masalah ekonomi Kuis tentang opportunity cost Kuis tentang sistem ekonomi | Tes tulis 10 soal uraian 5 soal lesan Tes tulis 10 soal uraian | pencaharian? Jelaskan 3 masalah pokok ekonomi ? Apakah pengertian opportunity cost? Sebutkan kelemahan dan kelebihan sistem ekonomi sosialis? | 2 x 45 menit 4 x 45 menit 4 x 45 menit | Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Kencana Sidoarjo
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X / I
Standar kompetensi : Berkomunikasi dengan bahasa inggris secara level nivice
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit
No. | Kompetensi dasar | Materi pokok/ pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber belajar | ||
Teknik | Bentuk | Instrument | |||||||
1 2 3 | Menghasilkan aturan sederhana yang cukup untuk fungsi-fungsi dasar Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen | Wacana, ungkapan penyesalan dan permintamaafan Words and expression used to show regrets and apologies · Memahami penjelasan isi wacana · Memberikan contoh berupa pengalaman pribadi · Membahas penggunaan ungkapan penyesalan dan permintamaafan dalam kalimat Melengkapi kalimat dengan menggunakan ungkapan penyesalan dan permintamaafan | · Membaca teks dengan keras dan nyaring · Mencari kosa kata dalam teks dan memilih persamaan arti kata · Berpasangan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks · Menjawap pertanyaan secara tertulis · Mempelajari dan menjelaskan penggunaan ”there + be ” · Mencari penggunaan yang tepat antara there is and there are · Menjawab pertanyaan tentang there is dan there are n dari masing-masing model diagram interaksi pelaku ekonomi · Menganalisis peran konsumen dalam kegiatan ekonomi · Menganalisis peran produsen dalam perekonomian | · Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar · Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks · Menampilkan rangkaian kalimat yang sudah dibuat ke depan kelas · Menampilkan dialog ke depan kelas secara bergantian · Membuat kalimat sederhana menggunakan ”there + be ” · Membahas kalimat yang sudah dibuat secara garis besar · Menjelaskan circulair flow diagram · Mendeskripsikan peran konsumen · Mendeskripsikan peran produsen dalam kegiatan ekonomi | Kuis tentang ungkapan penyesalan dan permintamaafan Kuis tentang ’there + be ” Kuis tentang peran konsumen dan p | 10 Tes tulis 10 tes lisan 5 soal lesan | Find the words and expression used to show regrets and apologies! Is there any book on your desk? Gambar diagram dari masing-masing model interaksi pelaku ekonomi serta penjelas-annya Sebutkan peran konsumen dalam kegiatan ekonomi ? | 4 x 45 menit 4 x 45 menit 2 x 45 menit | Bahasa Inggris untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-beta American business English Pictures from newspaper or magazine LKS Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-beta Gambar masing-masing model diagram Interaksi pelaku ekonomi Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-beta |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Kencana Sidoarjo
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X / I
Standar kompetensi : Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut ( sustained ) dalam konteks
kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu : 12 x 45 menit
No. | Kompetensi dasar | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk | Instrument | |||||||
1 3 4 5 | Merespon makna dalam Percakapan transaksional (to get thing done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara lancar dan akurat yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari Menjelaskan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi yang mendasarinya Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang Mendeskripsikan pasar input | Ungkapan makna tutur menasehati, memperingatkan, menyatakan meluluskan permintaan dan menyatakan perasaan Hukum permintaan dan penawaran Harga dan jumlah keseimbangan Pasar barang Pasar input | · Menjawab pertanyaan berdasarkan pertanyaan yang ada · Mengemukakan saran/nasehat tentang suatu kejadian yang berdasarkan pernyataan yang didengar · Mengemukakan larangan/peringatan suatu hal yang berhubungan dengan aturan · Menyatakan meluluskan permintaan pada pernyataan yang didengar · Menyatakan perasaan terhadap sesuatu yang menyenangkan · Memberikan penjelasan tentang hukum permintaan · Menggambarkan kurva permintaan · Mendiskusikan asumsi yang mendasari hukum permintaan · Memberikan penjelasan tentang hukum penawaran · Menggambarkan kurva penawaran · Mendiskusikan asumsi yang mendasari hukum penawaran · Memberikan penjelasan tentang pengertian harga · Menganalisis faktor-faktor yang menentukan harga · Memberikan penjelasan tentang jumlah keseimbangan · Mendiskusikan proses terjadinya jumlah keseimbangan · Mendiskusikan kurva yang menggambarkan jumlah keseimbangan · Memberikan penjelasan tentang pasar barang · Menganalisis bentuk-bentuk pasar barang · Mendiskusikan ciri-ciri masing-masing bentuk pasar barang · Memberikan penjelasan tentang pengertian pasar input · Menganalisis macam-macam pasar input · Menganalisis terbentuknya harga dalam pasar input | · Mengidentifikasi makna tindak tutur menasehati · Mengidentifikasi makna tindak tutur memperingatkan · Mengidentifikasi makna tindak tutur meluluskan permintaan · Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan · Menjelaskan hukum permintaan · Menjelaskan asumsi dasar hukum permintaan · Menjelaskan hukum penawaran · Menjelaskan asumsi dasar hukum penawaran · Mendeskripsikan pengertian harga · Menguraikan faktor-faktor yang menentukan harga · Mendeskripsikan jumlah keseimbangan · Menjelaskan proses terjadinya jumlah keseimbangan · Mendeskripsikan bentuk-bentuk pasar barang · Menguraikan ciri-ciri dari masing-masing bentuk pasar barang · Menjelaskan pengertian pasar input · Menguraikan macam-macam pasar input · Mengidentifikasi harga dalam pasar input | Tanya jawab Diskusi Demonstrasi Kuis tentang harga dan jumlah keseimba-ngan Kuis tentang pasar barang Kuis tentang pasar input | Latihan soal dan ulangan 10 soal tes tulis 5 soal tes lesan 10 soal tes tulis | Discuss with yyour group for making a conclusion about the material today! Jelaskan pengertian harga ? Sebutkan bentuk-bentuk pasar barang? Jelaskan pengertian pasar input | 2 x 45 menit 2 x 45 menit 2 x 45 menit 2 x 45 menit | Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA KEncana Sidoarjo
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/semester : X / II
Standar kompetensi : Memahami uang dan perbankan
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
No. | Kompetensi dasar | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk | Instrument | |||||||
1 2 3 | Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang Membedakan bank umum dan bank sentral Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter | Permintaan dan penawaran uang Bank umum dan bank sentral Kebijakan moneter | · Memberikan penjelasan tentang konsep permintaan uang · Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan uang · Memberikan penjelasan tentang konsep penawaran uang · Mendiskusikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penawaran uang · Memberikan penjelasan tentang peran bank umum dalam perekonomian · Memberikan penjelasan tentang peran bank sentral dalam perekonomian · Memberikan penjelasan tentang kebijakan moneter · Menganalisis tujuan kebijakan moneter · Mendiskusikan macam-macam kebijakan moneter · Memberikan contoh kebijakan moneter yang ada di | · Menjelaskan konsep permintaan uang · Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan uang · Menjelaskan konsep penawaran uang · Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran uang · Menjelaskan peran bank umum · Menjelaskan peran bank sentral · Menjelaskan kebijakan moneter · Menguraikan macam-macam kebijakan moneter | Kuis tentang permintaan dan penawaran uang Kuis tentang bank umum dan bank sentral Kuis tentang kebijakan moneter | 10 soal tulis 5 soal lesan 10 soal tulis | Sebutkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi permintaan uang ? Bagaimana peran bank umum dalam perekonomian Sebutkan tujuan dibuat kebijakan moneter ? | 2 x 45 menit 2 x 45 menit 2 x 45 menit | Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Kencana Sidoarjo
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/semester : X / II
Standar kompetensi : Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
No. | Kompetensi dasar | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk | Instrument | |||||||
1 2 | Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi | Ekonomi mikro dan ekonomi makro Permasalahan ekonomi | · Memberikan penjelasan tentang ekonomi mikro · Memberikan penjelasan tentang ekonomi makro · Menganalisis perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro · Menganalisis permasalahan ekonomi dalam suatu negara · Mendiskusikan kebijakan pemerintah dalam mengatasi permasalahan ekonomi | · Menjelaskan konsep ekonomi mikro · Menjelaskan konsep ekonomi makro · Menguraikan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro · Menguraikan permasalahan ekonomi suatu negara · Menjelaskan kebijakan pemerintah untuk mengatasi masalah ekonomi | Kuis tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro Kuis tentang masalah pereko-nomian | 5 soal lesan 5 soal tulis | Apakah yang dimaksud ekonomi mikro? Apakah tindakan pemerintah untuk mengatasi penganggu-ran ? | 2 x 45 menit 2 x 45 menit | Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Kencana Sidoarjo
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/semester : X / II
Standar kompetensi : Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN)
Alokasi Waktu : 12 x 45 menit
No. | Kompetensi dasar | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk | Instrument | |||||||
1 2 3 4 | Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi | Pendapatan nasional Manfaat perhitungan pendapatan nasional PDB dan pendapatan perkapita Indeks harga dan inflasi | · Memberikan penjelasan tentang PDB, PDRB, PNB, PN · Menganalisis cara menghitung PDB, PDRB, PNB, PN · Memberikan contoh perhitungan PDB, PDRB, PNB, PN · Mendiskusikan manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi siswa · Menganalisis manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi swasta/perusahaan · Memberikan penjelasan tentang manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi pemerintah · Menganalisis data perbandingan PDB Indonesia dengan negara lain · Menganalisis data perbandingan pendapatan perkapita · Memberikan penjelasan tentang pengertian indeks harga · Menganalisis hal-hal yang dapat mempengaruhi indeks harga · Memberikan penjelasan tentang pengertian inflasi · Menganalisis bentuk-bentuk inflasi berdasarkan penyebab terjadinya · Menganalisis dampak inflasi terhadap distribusi pendapatan · Menganalisis dampak inflasi terhadap efisiensi · Menganalisis dampak inflasi terhadap output · Menganalisis dampak inflasi terhadap pengangguran · Menganalisis dampak inflasi terhadap perdagangan internasional · Menganalisis kebijakan pemerintah dalam mengatasi inflasi · Mendiskusikan tentang devaluasi, revaluasi, deflasi, dan apresiasi | · Mendefinisikan konsep PDB, PDRB, PNB, PN · Menjelaskan cara perhitungan PDB, PDRB, PNB, PN · Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi siswa · Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi swasta/perusahaan · Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi pemerintah · Membandingkan PDB Indonesia dengan negara lain · Membandingkan pendapatan perkapita · Menjelaskan pengertian indeks harga · Menguraikan hal-hal yang mempengaruhi indeks harga · Menjelaskan pengertian inflasi · Menguraikan bentuk-bentuk inflasi berdasarkan penyebab terjadinya · Mengidentifikasi dampak inflasi · Menguraikan cara pemerintah mengatasi inflasi | Kuis tentang PDB, PDRB, PNB, PN Kuis tentang manfaat perhitung-an penda- patan nasional Kuis tentang PDB dan pendapa-tan perkapita Kuis tentang indeks harga | 4 soal tulis 5 soal lesan 5 soal tulis 5 soal lesan | Berikan contoh perhitungan PDB, PDRB, PNB, PN! Sebutkan manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi siswa? Apa penyebab perbedaan PDB Indonesia dengan negara lain? Apakah yang dimaksud indeks harga? | 4 x 45 menit 2 x 45 menit 2 x 45 menit 2 x 45 menit | Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Tabel perban-dingan PDB dan pendapa-tan perkapita Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Kencana Sidoarjo
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/semester : X / II
Standar kompetensi : Memahami konsumsi dan investasi
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
No. | Kompetensi dasar | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk | Instrument | |||||||
1 2 | Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan Mendeskripsikan kurva permintaan investasi | Fungsi konsumsi dan fungsi tabungan Fungsi investasi | · Memberikan penjelasan tentang fungsi konsumsi · Memberikan penjelasan tentang fungsi tabungan · Menganalisis hubungan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan · Memberikan penjelasan tentang permintaan investasi · Menganalisis fungsi investasi · Memberikan penjelasan tentang kurva permintaan investasi · Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan investasi | · Mendeskripsikan fungsi konsumsi · Mendeskripsikan fungsi tabungan · Menjelaskan permintaan investasi · Menjelaskan kurva permintaan investasi · Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan investasi | Kuis tentang fungsi konsumsi dan fungsi tabungan Kuis tentang permintaan investasi | 5 soal lesan 5 soal tulis | Berikan penjelasan tentang fungsi konsumsi? Gambarkan kurva permintaan investasi! | 4 x 45 menit 2 x 45 menit | Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Gambar kurva konsumsi, tabungan, dan investasi |
Komentar
Posting Komentar