Contoh Silabus SMU ; Bhs. Inggris dan Ekonomi

SILABUS

Nama Sekolah : SMA Kencana Sidoarjo

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/semester : X / I

Standar kompetensi : Berkomunikasi lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam

wacana interaksional dan atau monolog terutama berkenaan dengan wacana berbentuk naratif, prosedur, spoof,recount,

report dan news item

Alokasi Waktu : 14 x 45 menit

No.

Kompetensi Dasar

MateriPokok/

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk

Instrument

1

2

Mendengar-kan memahami wacana intruksional dan interpersonal

Memahami kosakata tentang penngalaman pribadi waktu lampau

Wacana monolog, past tense, reported speech

kosakata yang berhubungan dengan wacana

· Memahami penjelasan isi wacana

· Memahami penjelasan tentang past tense

· Memahami penjelasan tentang reported speech

· Mendiskusikan kalimat-kalimat past tense dan reported speech dalam wacana

· Melafalkan kata kerja dalam past tense dengan benar

Membahas kata kerja

bentuk ke 2 secara

umum yang berkaitan

dengan past tense dan

reported speech

· Memahami isi wacana

· Menguraikan pengertian past tense dan reported speech

· Mengetahui penggunaan past tense dan reported speech

· Menjelaskan kalimat-kalimat yang ditemukan dalam wacana

· Menyebutkan beberapa kata kerja past tense

· Mendaftar kata kerja beraturan dan tidak beraturan

Tugas kelompok

Kuis

Tanya- jawab

Tabel,

8 soal tulis

15 soal lesan

What does the text tell us about?

Do you know verb 2 we use? What are they?

2 x 45

Menit

2 x 45

menit

Bahasa Inggris untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-beta

OHP

No.

Kompetensi Dasar

MateriPokok/

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk

Instrument

3

4

5

Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu apa, bagaimana, dan untuk siapa

Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain

Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi

Masalah Pokok Ekonomi

Opportunity Cost

Sistem Ekonomi

sumber mata pencaharian

· Mendiskusikan penyebab kebutuhan manusia yang tidak terbatas

· Memberikan penjelasan tentang masalah ekonomi

· Menganalisis masalah ekonomi apa dan berapa yang diproduksi

· Menganalisis masalah ekonomi bagaimana cara memproduksi

· Menganalisis masalah ekonomi untuk siapa diproduksi

· Memberikan penjelasan tentang opportunity cost

· Memberikan contoh dari kehidupan sehari-hari tentang opportunity cost

· Mendiskusikan perbedaan biaya sehari-hari dengan biaya peluang

· Memberikan penjelasan tentang pengertian sistem ekonomi

· Menganalisis macam-macam sistem ekonomi

· Menganalisis kelemahan dan kelebihan tiap-tiap sistem ekonomi

· Mendiskusikan pemecahan masalah yang ada pada tiap-tiap sistem ekonomi

Sumber pencaharian

· Mengidentifikasi

· Menjelaskan inti masalah ekonomi

· Mengidentifikasi masalah apa dan berapa yang diproduksi

· Mengidentifikasi masalah bagaimana cara memproduksi

· Mengidentifikasi masalah untuk siapa diproduksi

· Menjelaskan pengertian biaya peluang (opportuny cost)

· Membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang

· Mendefinisikan sistem ekonomi

· Menguraikan macam-macam sistem ekonomi

· Menguraikan pemecahan masalah ekonomi pada tiap-tiap sistem ekonomi

Kuis tentang masalah ekonomi

Kuis tentang opportunity cost

Kuis tentang sistem ekonomi

Tes tulis 10 soal uraian

5 soal lesan

Tes tulis 10 soal uraian

pencaharian?

Jelaskan 3 masalah pokok ekonomi ?

Apakah pengertian opportunity cost?

Sebutkan kelemahan dan kelebihan sistem ekonomi sosialis?

2 x 45

menit

4 x 45

menit

4 x 45

menit

Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-beta


SILABUS

Nama Sekolah : SMA Kencana Sidoarjo

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/semester : X / I

Standar kompetensi : Berkomunikasi dengan bahasa inggris secara level nivice

Alokasi Waktu : 10 x 45 menit

No.

Kompetensi

dasar

Materi pokok/

pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

waktu

Sumber

belajar

Teknik

Bentuk

Instrument

1

2

3

Menghasilkan aturan sederhana yang cukup untuk fungsi-fungsi dasar

Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen

Wacana, ungkapan penyesalan dan permintamaafan

Words and expression used to show regrets and apologies

· Memahami penjelasan isi wacana

· Memberikan contoh berupa pengalaman pribadi

· Membahas penggunaan ungkapan penyesalan dan permintamaafan dalam kalimat

Melengkapi kalimat dengan menggunakan ungkapan penyesalan dan permintamaafan

· Membaca teks dengan keras dan nyaring

· Mencari kosa kata dalam teks dan memilih persamaan arti kata

· Berpasangan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks

· Menjawap pertanyaan secara tertulis

· Mempelajari dan menjelaskan penggunaan ”there + be ”

· Mencari penggunaan yang tepat antara there is and there are

· Menjawab pertanyaan tentang there is dan there are

n dari masing-masing model diagram interaksi pelaku ekonomi

· Menganalisis peran konsumen dalam kegiatan ekonomi

· Menganalisis peran produsen dalam perekonomian

· Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar

· Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks

· Menampilkan rangkaian kalimat yang sudah dibuat ke depan kelas

· Menampilkan dialog ke depan kelas secara bergantian

· Membuat kalimat sederhana menggunakan ”there + be ”

· Membahas kalimat yang sudah dibuat secara garis besar

· Menjelaskan circulair flow diagram

· Mendeskripsikan peran konsumen

· Mendeskripsikan peran produsen dalam kegiatan ekonomi

Kuis tentang ungkapan penyesalan dan permintamaafan

Kuis tentang ’there + be ”

Kuis tentang peran konsumen dan p

10 Tes tulis

10 tes lisan

5 soal lesan

Find the words and expression used to show regrets and apologies!

Is there any book on your desk?

Gambar diagram dari masing-masing model interaksi pelaku ekonomi serta penjelas-annya

Sebutkan peran konsumen dalam kegiatan ekonomi ?

4 x 45

menit

4 x 45

menit

2 x 45

menit

Bahasa Inggris untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-beta

American business English Pictures from newspaper or magazine

LKS

Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-beta

Gambar masing-masing model diagram

Interaksi pelaku ekonomi

Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-beta

SILABUS

Nama Sekolah : SMA Kencana Sidoarjo

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/semester : X / I

Standar kompetensi : Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut ( sustained ) dalam konteks

kehidupan sehari-hari

Alokasi Waktu : 12 x 45 menit

No.

Kompetensi

dasar

Materi pokok/

Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrument

1

3

4

5

Merespon makna dalam Percakapan transaksional (to get thing done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara lancar dan akurat yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari

Menjelaskan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi yang mendasarinya

Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan

Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang

Mendeskripsikan pasar input

Ungkapan makna tutur menasehati, memperingatkan, menyatakan meluluskan permintaan dan menyatakan perasaan

Hukum permintaan dan penawaran

Harga dan jumlah keseimbangan

Pasar barang

Pasar input

· Menjawab pertanyaan berdasarkan pertanyaan yang ada

· Mengemukakan saran/nasehat tentang suatu kejadian yang berdasarkan pernyataan yang didengar

· Mengemukakan larangan/peringatan suatu hal yang berhubungan dengan aturan

· Menyatakan meluluskan permintaan pada pernyataan yang didengar

· Menyatakan perasaan terhadap sesuatu yang menyenangkan

· Memberikan penjelasan tentang hukum permintaan

· Menggambarkan kurva permintaan

· Mendiskusikan asumsi yang mendasari hukum permintaan

· Memberikan penjelasan tentang hukum penawaran

· Menggambarkan kurva penawaran

· Mendiskusikan asumsi yang mendasari hukum penawaran

· Memberikan penjelasan tentang pengertian harga

· Menganalisis faktor-faktor yang menentukan harga

· Memberikan penjelasan tentang jumlah keseimbangan

· Mendiskusikan proses terjadinya jumlah keseimbangan

· Mendiskusikan kurva yang menggambarkan jumlah keseimbangan

· Memberikan penjelasan tentang pasar barang

· Menganalisis bentuk-bentuk pasar barang

· Mendiskusikan ciri-ciri masing-masing bentuk pasar barang

· Memberikan penjelasan tentang pengertian pasar input

· Menganalisis macam-macam pasar input

· Menganalisis terbentuknya harga dalam pasar input

· Mengidentifikasi makna tindak tutur menasehati

· Mengidentifikasi makna tindak tutur memperingatkan

· Mengidentifikasi makna tindak tutur meluluskan permintaan

· Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan

· Menjelaskan hukum permintaan

· Menjelaskan asumsi dasar hukum permintaan

· Menjelaskan hukum penawaran

· Menjelaskan asumsi dasar hukum penawaran

· Mendeskripsikan pengertian harga

· Menguraikan faktor-faktor yang menentukan harga

· Mendeskripsikan jumlah keseimbangan

· Menjelaskan proses terjadinya jumlah keseimbangan

· Mendeskripsikan bentuk-bentuk pasar barang

· Menguraikan ciri-ciri dari masing-masing bentuk pasar barang

· Menjelaskan pengertian pasar input

· Menguraikan macam-macam pasar input

· Mengidentifikasi harga dalam pasar input

Tanya jawab

Diskusi

Demonstrasi

Kuis tentang harga dan jumlah keseimba-ngan

Kuis tentang pasar barang

Kuis tentang pasar input

Latihan soal dan ulangan

10 soal tes tulis

5 soal tes lesan

10 soal tes tulis

Discuss with yyour group for making a conclusion about the material today!

Jelaskan pengertian harga ?

Sebutkan bentuk-bentuk pasar barang?

Jelaskan pengertian pasar input

2 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-beta

Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-beta

SILABUS

Nama Sekolah : SMA KEncana Sidoarjo

Mata Pelajaran : Ekonomi

Kelas/semester : X / II

Standar kompetensi : Memahami uang dan perbankan

Alokasi Waktu : 6 x 45 menit

No.

Kompetensi

dasar

Materi pokok/

Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrument

1

2

3

Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang

Membedakan bank umum dan bank sentral

Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter

Permintaan dan penawaran uang

Bank umum dan bank sentral

Kebijakan moneter

· Memberikan penjelasan tentang konsep permintaan uang

· Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan uang

· Memberikan penjelasan tentang konsep penawaran uang

· Mendiskusikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penawaran uang

· Memberikan penjelasan tentang peran bank umum dalam perekonomian

· Memberikan penjelasan tentang peran bank sentral dalam perekonomian

· Memberikan penjelasan tentang kebijakan moneter

· Menganalisis tujuan kebijakan moneter

· Mendiskusikan macam-macam kebijakan moneter

· Memberikan contoh kebijakan moneter yang ada di Indonesia

· Menjelaskan konsep permintaan uang

· Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan uang

· Menjelaskan konsep penawaran uang

· Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran uang

· Menjelaskan peran bank umum

· Menjelaskan peran bank sentral

· Menjelaskan kebijakan moneter

· Menguraikan macam-macam kebijakan moneter

Kuis tentang permintaan dan penawaran uang

Kuis tentang bank umum dan bank sentral

Kuis tentang kebijakan moneter

10 soal tulis

5 soal lesan

10 soal tulis

Sebutkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi permintaan uang ?

Bagaimana peran bank umum dalam perekonomian

Sebutkan tujuan dibuat kebijakan moneter ?

2 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-Beta

Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-Beta


SILABUS

Nama Sekolah : SMA Kencana Sidoarjo

Mata Pelajaran : Ekonomi

Kelas/semester : X / II

Standar kompetensi : Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi

Alokasi Waktu : 4 x 45 menit

No.

Kompetensi

dasar

Materi pokok/

Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrument

1

2

Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro

Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi

Ekonomi mikro dan ekonomi makro

Permasalahan ekonomi

· Memberikan penjelasan tentang ekonomi mikro

· Memberikan penjelasan tentang ekonomi makro

· Menganalisis perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro

· Menganalisis permasalahan ekonomi dalam suatu negara

· Mendiskusikan kebijakan pemerintah dalam mengatasi permasalahan ekonomi

· Menjelaskan konsep ekonomi mikro

· Menjelaskan konsep ekonomi makro

· Menguraikan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro

· Menguraikan permasalahan ekonomi suatu negara

· Menjelaskan kebijakan pemerintah untuk mengatasi masalah ekonomi

Kuis tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro

Kuis tentang masalah pereko-nomian

5 soal lesan

5 soal tulis

Apakah yang dimaksud ekonomi mikro?

Apakah tindakan pemerintah untuk mengatasi penganggu-ran ?

2 x 45

menit

2 x 45

menit

Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-Beta

SILABUS

Nama Sekolah : SMA Kencana Sidoarjo

Mata Pelajaran : Ekonomi

Kelas/semester : X / II

Standar kompetensi : Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN)

Alokasi Waktu : 12 x 45 menit

No.

Kompetensi

dasar

Materi pokok/

Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrument

1

2

3

4

Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN

Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional

Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain

Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi

Pendapatan nasional

Manfaat perhitungan pendapatan nasional

PDB dan pendapatan perkapita

Indeks harga dan inflasi

· Memberikan penjelasan tentang PDB, PDRB, PNB, PN

· Menganalisis cara menghitung PDB, PDRB, PNB, PN

· Memberikan contoh perhitungan PDB, PDRB, PNB, PN

· Mendiskusikan manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi siswa

· Menganalisis manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi swasta/perusahaan

· Memberikan penjelasan tentang manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi pemerintah

· Menganalisis data perbandingan PDB Indonesia dengan negara lain

· Menganalisis data perbandingan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain

· Memberikan penjelasan tentang pengertian indeks harga

· Menganalisis hal-hal yang dapat mempengaruhi indeks harga

· Memberikan penjelasan tentang pengertian inflasi

· Menganalisis bentuk-bentuk inflasi berdasarkan penyebab terjadinya

· Menganalisis dampak inflasi terhadap distribusi pendapatan

· Menganalisis dampak inflasi terhadap efisiensi

· Menganalisis dampak inflasi terhadap output

· Menganalisis dampak inflasi terhadap pengangguran

· Menganalisis dampak inflasi terhadap perdagangan internasional

· Menganalisis kebijakan pemerintah dalam mengatasi inflasi

· Mendiskusikan tentang devaluasi, revaluasi, deflasi, dan apresiasi

· Mendefinisikan konsep PDB, PDRB, PNB, PN

· Menjelaskan cara perhitungan PDB, PDRB, PNB, PN

· Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi siswa

· Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi swasta/perusahaan

· Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi pemerintah

· Membandingkan PDB Indonesia dengan negara lain

· Membandingkan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain

· Menjelaskan pengertian indeks harga

· Menguraikan hal-hal yang mempengaruhi indeks harga

· Menjelaskan pengertian inflasi

· Menguraikan bentuk-bentuk inflasi berdasarkan penyebab terjadinya

· Mengidentifikasi dampak inflasi

· Menguraikan cara pemerintah mengatasi inflasi

Kuis tentang PDB, PDRB, PNB, PN

Kuis tentang manfaat perhitung-an penda-

patan nasional

Kuis tentang PDB dan pendapa-tan perkapita Indonesia

Kuis tentang indeks harga

4 soal tulis

5 soal lesan

5 soal tulis

5 soal lesan

Berikan contoh perhitungan PDB, PDRB, PNB, PN!

Sebutkan manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi siswa?

Apa penyebab perbedaan PDB Indonesia dengan negara lain?

Apakah yang dimaksud indeks harga?

4 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

2 x 45

menit

Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-Beta

Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-Beta

Tabel perban-dingan PDB dan pendapa-tan perkapita Indonesia dengan negara lain

Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-Beta


SILABUS

Nama Sekolah : SMA Kencana Sidoarjo

Mata Pelajaran : Ekonomi

Kelas/semester : X / II

Standar kompetensi : Memahami konsumsi dan investasi

Alokasi Waktu : 6 x 45 menit

No.

Kompetensi

dasar

Materi pokok/

Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrument

1

2

Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan

Mendeskripsikan kurva permintaan investasi

Fungsi konsumsi dan fungsi tabungan

Fungsi investasi

· Memberikan penjelasan tentang fungsi konsumsi

· Memberikan penjelasan tentang fungsi tabungan

· Menganalisis hubungan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan

· Memberikan penjelasan tentang permintaan investasi

· Menganalisis fungsi investasi

· Memberikan penjelasan tentang kurva permintaan investasi

· Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan investasi

· Mendeskripsikan fungsi konsumsi

· Mendeskripsikan fungsi tabungan

· Menjelaskan permintaan investasi

· Menjelaskan kurva permintaan investasi

· Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan investasi

Kuis tentang fungsi konsumsi dan fungsi tabungan

Kuis tentang permintaan investasi

5 soal lesan

5 soal tulis

Berikan penjelasan tentang fungsi konsumsi?

Gambarkan kurva permintaan investasi!

4 x 45

menit

2 x 45

menit

Ritonga, M. 2007. Ekonomi untuk SMA kelas I. Jakarta : Phi-Beta

Gambar kurva konsumsi, tabungan, dan investasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh PTK Bab 4

Yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Cerpen (Untuk Pemula)

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bhs. Inggris kelas 1